Struktur Kurikulum
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU BELAJAR
PER MINGGU
|
||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
Kelompok
A
|
|||||||
1.
|
Pendidikan
Agama dan Budi Pekerti
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
5
|
5
|
6
|
4
|
4
|
4
|
3.
|
Bahasa
Indonesia
|
8
|
9
|
10
|
7
|
7
|
7
|
4.
|
Matematika
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
6
|
5.
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
-
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
6.
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial
|
-
|
-
|
-
|
3
|
3
|
3
|
Kelompok
B
|
|||||||
7.
|
Seni
Budaya dan Prakarya
|
4
|
4
|
4
|
5
|
5
|
5
|
8.
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
9.
|
B. Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10.
|
Seni
Suara Jawa
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
|
32
|
34
|
36
|
40
|
40
|
40
|
|
∎ = Tematik Integratif
|
Keterangan: Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dapat memuat Bahasa Daerah. Selain kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum di atas, terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler SD/MI antara lain Pramuka (Wajib), Usaha Kesehatan Sekolah.
Muatan Kurikulum
Muatan kurikulum 2013 SDN SD
Negeri Batu 1 terdiri atas 10 mata pelajaran, yang terbagi atas kelompok A (6
mata pelajaran) dan kelompok B (4 mata pelajaran termasuk 2 jenis
muatan lokal), dan kegiatan pengembangan diri. Kegiatan pengembangan
diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat,
minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Rincian muatan
kurikulum sebagai berikut:
1. Kelompok A
a. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
b. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
c. Bahas Indonesia
d. Matematika
e. IPA
f. IPS
2.
Kelompok B
a. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
b. Seni Budaya dan Prakarya
c. Bahasa Jawa (Mulok
wajib)
d. Bahasa Inggris (Mulok pilihan)
3. Kegiatan Pengembangan
Diri
Kegiatan
pengembangan diri mencakup 2 bidang kegiatan,
yaitu Pengembangan karakter dan Pengembangan bakat, minat,
serta potensi siswa.
Ø Kegiatan yang mengarah kepada pengembangan
karakter, berupa:
a. Pengembangan Diri
Terprogram
1) Kegiatan keagamaan (Pesantren
Kilat)
2) Pekan kreativitas
3) PHBN dan PHBI
b. Pengembangan Diri Rutin
1) Pramuka
2) Upacara
bendera
c. Pengembangan Diri Spontan
1) Mengikuti
kegiatan bakti sosial di masyarakat.
2)
Mengumpulkan dana bantuan bencana alam.
d. Keteladanan
1)
Membudayakan kebersihan dan kesehatan pada semua warga sekolah.
2)
Membudayakan berpakaian rapi di sekolah
3)
Menaati tata tertib yang berlaku di sekolah.
Ø Kegiatan yang mengarah
pada pengembangan bakat, minat, dan potensi dapat dipilih oleh
siswa, antara lain:
a. bidang seni, meliputi :
Vokal, Seni rupa, Seni Tari, dll.
b. bidang olahraga, meliputi:
Renang, senam, Karate, dll.
c. bidang lainnya, meliputi: Out Bound, dll.
Beban
Belajar
Beban belajar dinyatakan dalam jam
belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu semester. Beban belajar di
SD/MI kelas I,II, dan III masing-masing 32, 34, 36 sedangkan untuk kelas IV, V,
dan VI masing-masing 40 jam setiap minggu. Jam belajar SD/MI adalah 35 menit
Alokasi waktu untuk
penugasan terkait dengan mata pelajaran yang diajarkan di kelas
maksimum 40% dari waktu kegiatan tatap muka.
Alokasi waktu untuk
praktik, 2 jam kegiatan praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka. 4
jam praktik di luar sekolah setara dengan 1 jam tatap muka.
Alokasi waktu untuk
pengembangan diri disesuaikan dengan jenis kegiatan Dengan adanya
tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki
keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi
siswa aktif. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih
panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik
perlu latihan untuk mengamati, menanya, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Proses
pembelajaran yang dikembangkan menghendaki kesabaran guru dalam mendidik
peserta didik sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan
menerapkan apa yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat
sekitarnya. Selain itu
bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.
bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.
Ketuntasan
Belajar
Ketuntasan belajar setiap mata pelajaran
disesuaikan dengan kompleksitas, daya dukung, dan intake (potensi siswa).Adapun
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) satuan pendidikan SD Negeri Batu 1, sebagai
berikut:
MATA
PELAJARAN
|
KELAS DAN KKM
|
||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
Kelompok A
|
|||||||
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
2.
|
Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
70
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
70
|
70
|
72
|
70
|
70
|
72
|
4.
|
Matematika
|
70
|
70
|
72
|
70
|
69
|
70
|
5.
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
X
|
X
|
X
|
70
|
70
|
72
|
6.
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
X
|
X
|
X
|
70
|
72
|
70
|
Kelompok B
|
|||||||
1.
|
Seni Budaya dan Prakarya
|
70
|
70
|
74
|
70
|
70
|
75
|
2.
|
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan
Kesehatan
|
70
|
70
|
75
|
70
|
70
|
74
|
KKM
Maksimal : 100 dikurangi KKM Mapel Terendah : 69
100
– 69 = 31
31/3
= 10,3 (Interval Predikat)
Sehingga
diperoleh rentang predikat sebagai berikut:
KKM
SD
Negeri Batu 1
|
Panjang
Interval
|
RENTANG
PREDIKAT
|
|||
A
(Sangat
Baik
|
B
(Baik)
|
C
(Cukup)
|
D
(Perlu
Bimbingan)
|
||
69
|
31/3
= 10,3
|
89
≤ A ≤ 100
|
79
≤ B ≤ 88
|
69
≤ C ≤ 78
|
D < 69
|
Kenaikan Kelas dan Kelulusan
A. Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas
dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran dengan ketentuan sebagai
berikut:
1. Siswa sudah menyelesaikan seluruh
program pembelajaran dengan kriteria ketuntasan minimal pada semua Kompetensi
Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator pada semua mata pelajaran.
2. Persentase kehadiran minimal
90 %
3. Perilaku/sikap spiritual dan
sosial dengan kriteria baik.
B. Kelulusan
Kelulusan
dilaksanakan setelah siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari
kelas I s.d. VI. Adapun ketentuannya sebagai berikut:
1.
Siswa sudah menyelesaikan seluruh program
pembelajaran dengan kriteria ketuntasan minimal pada semua Kompetensi Inti
(KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator pada semua mata pelajaran.
2.
Persentase kehadiran minimal 90 %.
3.
Lulus Ujian Sekolah (US)
4.
Lulus Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)
Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan SD Negeri Batu 1
disusun dengan berpedoman kepada kalender nasional yang disesuaikan dengan
program sekolah. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar